Senin, 17 Januari 2011

Tauhid

في الإيمان بكتابه سبحان الله و تعالى

س : كيف الإعتقاد بكتبه الله تعالى؟
ج : أعتقد أنّ لله تعالى كتبا أنزلها على أنبيائه و بيّن فيها امره و نهيه و وعده و وعيده، وهي كلام الله تعالي حقيقة بدت منه بلا كيفية قولا، و أنزلها وحيا. من تلك الكتب : التوراة و الإنجيل و الزبور و القرآن.

س : كيف إعتقادك بالتوراة؟
ج : أعنقد أنّ التوراة كتاب من كتب الله سبحانه و تعالي أنزله علي كليمه موسى عليه السلام. و ذلك لبيان الأحكام الشّرعيّة و العقائد الصّحيحة المرضيّة و التّبشير بظهورنبيّ من بنى إسماعيل وهو نبينا عليه الصلاة و السلام و الإشارة إلي أنّه يأتى بشرع جديد يهدي إلي دار السلام.

س : كيف إعتقاد العلماء الأعلام فى حق التوراة الموجودة الآن فى أيدى أهل الكتاب؟
ج : إعتقاد العلماء الأعلام أنّ التوراة الموجودة الآن قد لحقها التّحريف. و ممّا يدلّ علي ذلك أنه ليس فيها ذكر الجنّة و النّار و حال البعث و الحشر و الجزاء، مع أنّ ذلك أهمّ ما يذكر فى الكتب الإلهية. و ممّا يدّل أيضا علي كونها محرّفة ذكر وفات موسى عليه السلام فيها فى الباب الأخير منها، و الحال أنه هو الّذي أنزلت عليه.

س : كيف إعتقادك بالزبور؟
ج : أعتقد أنّ الزبور كتاب من كتب الله سبحانه و تعالي أنزله علي سيدنا داود عليه السلام. وهو عبارة عن أدعية و أذكار و مواعظ و حكم و ليس فيه أحكام شرعيّة لإنّ داود عليه السلام كان مأمورا باتباع الشّريعة الموسويّة.

س : كيف إعتقادك بالإنجيل؟
ج : أعتقد أنّ الإنجيل كتاب من كتب الله سبحانه و تعالي أنزله علي المسيح عيسى عليه السلام وذلك لبيان الحقائق و دعوة الخلق لتوحيد الخالق، و نسخ بعض أحكام التوراة الفرعيّة علي حسب الإقتضاء، و التّبشير يظهور خاتم الأنبياء.

س : كيف إعتقاد العلماء الأعلام في الإنجيل المتداول الآن؟
ج : إعتقاد العلماء الأعلم أنّ الإنجيل المتداول الآن له أربع نسخ ألّفها أربعة بعضهم لم ير المسيح عليه السلام اصلا و هم متّى و مرقص و لقاء و يوهنا. و الإنجيل كل من هؤلاء مناقض للآخر في كثير من مطالبو قد كان للنّصارى أناجيل كثيرة غير هذه الأربعة لكن بعد رفع سيدنا عيسى عليه السلام إلي السماء بأكثر من مأتى سنة عوّلوا علي إلغائها ما عدا هذه الأربعة تخلّصا من كثرة التناقد و تملّصا من وفرة التّضادّ و التّعارض.

س : كيف إعتقادك في القرآن؟
ج : أعتقد أن القرآن أشرف كتاب أنزل الله سبحانه و تعالي علي أشرف الأنبيائه محمّد صلى الله عليه و سلّم وهو آخر الكتب الإلهية نزولا وهو ناسخ لجميع الكتب قبله و حكمه باق إلي يوم القيامة لايمكن أن يلحقه تغيير ولا تبديل وهو أعظم آية علي نبوّة نبيّنا محمّد صلى الله عليه وسلّم لكونه أعظم المعجزات.

masalah nahwu

ISIM ALAM[1]
(isim yang menunjukan nama)
Isim alam adalah tiap-tiap isim yang menunjukan nama sesuatu secara mutlak. Yang termasuk isim alam adalah nama orang, binatang, suku, bangsa, negara, kota, sungai, laut, ataupun gunung.

®Ditinjau dari siapa yang dijuluki, maka isim alam dibagi menjadi dua:

1. Alam jinsi. Yaitu isim yang tidak hanya menunjukan satu barang atau satu benda saja, melainkan menunjukan seluruh jenis dari barang atau benda tersebut. Contoh: رجل- كتاب
2. Alam syahesh. Yaitu isim yang menunjukan sesuatu atau benda yang tertentu. Contoh: دمشق- النيل- مكة- خالد

®Ditinjau dari jelas dan tidaknya, alam syhaesh dibagi menjadi 3:
1. Alam ismi
2. Alam kauniyah
3. Alam laqob

1.Alam ismi adalah alam yang menunjukan nama asli dan tidak didahului عمّ، بنت، إبن، أخ، أب serta tidak menunjukan arti mencela atau memuji: إبراهيم، زينب
2.Alam kauniyah adalah alam yang didahului lafadz عمّ، بنت، إبن، أخ، أب contoh: إبن مالك- أبوبكر
3.Alam laqob adalah alam yang menunjukan arti memuji atau mencela, seperti: زينُ الدينِ- أنفُ رجلٍ


® Ditinjau dari asal usulnya lafadz, Isim alam dibagi menjadi dua:
1. Murtajal dan
2. Manqul

Alam murtajal yaitu alam yang lafadznya belum pernah dipakai untuk selain alam seperti ada nama laki-laki bernama سعاد dan أداد untuk perempuan. Nama tersebut sekali dibuat hanya untuk nama seseorang
Alam manqul/pindahan yaitu alam yang lafadznya pernah dipakai untuk selain alam. Seperti ada orang yang bernama يزيد، فضل، أسد. Sebelum dijadikan nama lafadz فضل adalah masdar, أسد nama harimau, يزيد fi’il mudore.

Nun Wiqoyah
Nun wiqoyah adalah nun yang memisahkan antara fi’il, atau kata yang serupa dengan fi’il/huruf dengan ya dlomir yang berfungsi untuk menjaga agar fi’il tersebut tidak dibaca kasroh.
Contoh: جعل+ي = جعلني, من+ي =منّي,

Harakat Takhollush
Harakat takhallush adalah harakat yang menyelamatkan dari dua sukun, kebanyakan harakat kasroh, ada juga yang berupa dhomah dan fathah. Contoh:
أكرمْ+العلماء = أكرمُ العلماء
لم يكنْ+الذين = لم يكنِالذين
منْ+الله = منَ اللهِ

Tanwin dan macam-macamnya
Tanwin adalah Huruf nun tambahan yang dibaca sukun yang berada pada akhir isim dan ucapan saja, tanpa ada tulisannya.

Tanwin yang menjadi tanda isim dibagi menjadi 4:
1. Tanwin tamkin, adalah tanwin yang berada pada isim nakirah munsharif (selain jamak muannas salim)
2. Tanwin tankir, adalah tanwin yang berada pada isim mabni yang berfungsi untuk membedakan antara nakirah dan ma’rifatnya. Contoh: صَهْ isim ma’rifat, menjadi isim nakirah bila dibaca صَهٍ
3. Tanwin muqabalah, adalah tanwin yang berada pada isim jamak muannas salim, untuk menandingi nun yang yang berada pada jamak mudzakar salim, (karena jamak muannas salim termasuk cabang dari jamak mudzakar salim). Contoh: مئاتٌ، مؤمناتٌ
4. Tanwin iwad, adalah tanwin gantian dari kata yang dibuang. Tanwin iwad ada 4:
1. Gantian dari huruf yang dibuang. Contoh راضٍ asalnya راضِىٌ
2. Gantian dari isim yang menjadi mudhaf ilaih yang dibuang. Contoh: لكلٍّ منهما asalnya لكلِّ شيءٍ منهما
3. Gantian dari jumlah yang dibuang. Contoh: وأنتم حينئذٍ تنظرون asalnya dari وأنتم حين إذا بلغتِ الروح الحلقوم تنظرون
4. Gantian dari beberapa jumlah yang dibuang. Contoh: يومئذٍ تحدّث أخبارها asalnya dari يوم إذ زلزلة الأرض زلزالها، وأخرجت الأرض أثفالها، وقال الإنسان ما لها تحدّث أخبارها

Perbedaan wawu awal kalimat dengan wawu athaf
Wawu dijadikan sebagai awal kalimat apabila setelahnya bisa dijadikan jumlah. Biasanya setelah berupa:
1. Isim ma’rifat
2. Isim nakirah yang dimudafkan pada ma’rifat
3. Isim nakirah yang dimudafkan pada nakirah lain
4. Jer majrur
5. Dharaf
6. Fi’il

Wawu yang dijadikan athaf apabila setelahnya tidak bisa dijadikan jumlah, biasanya hanya berupa satu/ dua kata yang terdiri dari idhofah, na’at man’ut, jer majrur, atau lebih dari dua kata tetapi tidak bisa dijadikan jumlah.

Membuang kata sebelumnya
1. بسم الله الرحمن الرحيم asalnya أتدأ بسم الله الرحمن الرحيم
2. Judul atau tema yang diawali isim mufrad atau idafah.
 فصل asalnya هذا فصل
- الجماعة asalnya هذه الجماعة
- كتاب الصلاة asalnya هذا كتاب الصلاة
3. Sumpah atau qasam. Contoh: واللهِ، بااللهِ، تااللهِ asalnya أقسم واللهِ، بااللهِ، تااللهِ
4. Setelah لو، إنْ (ghoyah) bermakna walaupun sebagai khabarnya كان . contoh:
ولو قليلا asalnya ولو كان الماء قليلا
5. Munada يااللهُ asalnya أدعو الله
6. Ikhtishoh نحن معاشر المسلمين asalnya محم نخصّ معاشر المسلمين

Masdar dan isim masdar
Masdar adalah: isim yang menunjukan pada peristiwa, tetapi tidak disertai petunjuk waktu. Contoh: نصر menolong, إكرام memulyakan
Isim masdar adalah: isim yang mengandung arti masdar, tetapi kurang dari huruf-huruf fi’ilnya, baik lafadz maupun taqdirnyatanpa penggantian. Contoh: وضوء wudu, صلاة salat.

Pembagian isim fi’il[2]
Isim fi’il adalah kalimat yang menunjukan arti fi’il namun tidak menerima tanda fi’il. Dari itu ia pun satu bentuk untuk semua bentuk isim (mufrad, tasniyah, dan jamak) lafadz isim fi’il ini ada kalanya Murtajal, manqul dan ada juga yang Qiyasii.

Isim Murtajal adalah lafadz isim fi’il yang memang asli isim fi’il. Contoh: هيهات (talah jauh), ها (ambillah).
Isim Manqul adalah kalimat isim fi’il yang terbentuk dari kalimat lain. Ada yang terbentuk dari jar majrur contoh: عليك (tetaplah engkau), ada yang dari dharaf contoh: أمامك dan dari tanbih contoh: ها
Isim Qiyasii adalah isim fi’il yang terbentuk dari wajan فعال untuk tiap-tiap فعل ثلاثي مجرد تام متصرّف contoh: نصار tolonglah.

Adapun bentuk isim fi’il ada tiga macam:
1. Isim fi’il madhi
- هيهات telah jauh
- شتّان telah jadi pisah
- شُكَانَ telah cepat
- سرعان telah cepat
- بطان telah lambat

2. Isim fi’il mudhore
- أوّه saya merasa sakit
- آه yasa merasa sakit
- أُفٍ saya bosan
- وا saya heran
- وهاً إليك saya heran
- وي saya heran
- بجلْ cukup
- بخِن saya membenarkan

3. Isim fi’il amar
- صهْ diamlah
- مهْ tinggalkan
- إبْهِ teruskan bicaramu
- هيّا cepatlah
- رُوَيْدَ berlaku ramahlah
- Dan lain sebagainya.

Pembagian alif lam[3]
Ada yang Al عهدية dan juga ada yang جنسية . dan dari tiap-tiap jinsiyyah dan ‘ahdiyyah terbagi tiga.
1. Pembagian عهدية ada tiga
- للعهد الذهني
- للعهد الذكري
- للعهد الحضوري

2. Pembagian جنسية ada tiga
- لإستغراق الإفراد
- لإستغراق الصفات
- للحقيقة

[1] Kitab “jiadah amsilati” karangan ustad Taufik
[2] Kitab “Nahwu dan Sharaf” kanjul lugah,pare
[3] Nadzam imriti. Karya syaikh Saripuddin yahya Al-imriti

Cari Blog Ini